Rangkuman :KOMPUTER DI AWAN (CLOUD COMPUTING) )MENDUKUNG KINERJA NGO

NGO atau lembaga swadaya masyarakat sangat membutuhkan perkembangan teknologi informasi setidaknya para aktifisnya akan selalu berinteraksi dengan apa yang dinamakan teknologi informasi, computer dan internet yang kita bayangkan pasti akun jejaring social, email dan lain-lain. Semua itu pasti adalah bagian dari kecanggihan teknologi. bayangkan Cloud Computing apakah seperti kita akan mengunakan computer kita diawan dan kita nangkring di awan, mungkin untuk mengambarkan dan menjelaskan Cloud Computing yang paling mudah adalah Secara sederhana Cloud Computing dapat kita bayangkan seperti sebuah jaringan listrik. Apabila kita membutuhkan listrik, apakah kita harus punya pembangkit listrik sendiri? Tentu tidak. Kita tinggal menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini, PLN), menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik, dan kita tinggal menikmati layanan tersebut. Pembayaran kita lakukan bulanan sesuai pemakaian jadi tanpa punya pembangkit atau generator maka kita sudah punya listrik begitu *** cloud computing kita tidak perlu bikin server yang cukup kita berlangganan internet kita buat account di hotmail atau yang lainya, kita aktifkan layanan cloud computing seakan kita punya server jika pakai layanan Sky Drive pada windows Live kita mendapat 25Gb free dan berbagai layanan gratis yang ada di dalamnya.
Untuk meminimalisir dalam hal pembuatan sesuatu atau mendapatkan sebuah informasi anggota NGO atau LSM cukup mempunyai komputer, internet dan sebuah akun yang ingin kita manfaatkan untuk sumber daya dan pengolahan informasi untuk banyak orang. Kita dapat membuat sebuah website dengan server yang disediakan dari sana sehingga kita tinggal mengupload data yang kita inginkan kedalam komputer virtual tersebut lalu kita menampilkan data tersebut kedalam website tersebut. kerena Cloud Computing adalah teknologi masa depan maka perkembangannya akan sangat cepat mungkin tahun depan akan ada lagi yang baru dari teknologi ini, dan saat ini belum terbayang seperti apa teknologi Cloud Computing tahun depan, apa seperti yang digambarkan pada film-film fiksi atau bagaimana kita tunggu aja hasil pengembangannya, karena itu buat teman-teman pegiat dan aktifis NGO/OMS mari manfaatkan kemudahan yang di berikan oleh cloud computing untuk mempermudah kita dalam mengurus NGO/OMS kita.
Kesimpulan secara garis besar tentang Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Perkembangan cloud computing juga sudah merambah sejak dahulu, dari sebuah website, akun email, blog, kini juga merambah ke dalam media penyedia download atau layanan pembelanjaan online serta yang terakhir ada antivirus dengan system cloud computing salah satunya panda cloud. Semoga di suatu saat nanti semua orang dari berbagai kalangan dapat menikmati kecanggihan dari fasilitas ini.
Sumber: http://mugi.or.id/blogs/abah_alis/archive/2011/10/13/komputer-di-awan-cloud-computing-mendukung-kinerja-ngo.aspx

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s