Rangkuman Internet dan e-Learning

Di era global seperti sekarang ini, sudah banyak digunakan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini disebabkan karena teknologi tersebut telah mempengaruhi hampir keseluruhan aspek kehidupan sehari-hari manusia. Oleh karena itu, sebaiknya semua orang tidak ‘gagap’ teknologi. Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa siapa yang terlambat menguasai informasi, maka terlambat pulalah memperoleh kesempatan-kesempatan untuk maju.
Peran informasi kian besar dan nyata dalam dunia modern, dan masyarakat pun sekarang berpacu untuk menuju ke era masyarakat ilmu pengetahuan. Sehingga tidak heran bila perguruan tinggi yang menawarkan teknologi informasi berkembang pesat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi kini internet menjadi medium belajar dan mengajar yang perlu diperhitungkan manfaatnya. Berbagai ragam informasi dapat dengan mudah ditemukan disana sehingga internet menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari .
Dalam internet terdapat juga hal positif dan negatif hal tersebut tak akan lepas dari peran dan fungsi internet, hanya etika, mental dan keimanan masing-masing individu yang menentukan batas-batasnya.
E-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika sebagai alat bantunya. Untuk menyederhanakan istilah, maka electronic learning disingkat menjadi e-learning. Kata ini terdiri dari dua bagian, yaitu ‘e’ yang merupakan singkatan dari ‘electronica’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika. Dalam pelaksanaannya, e-learning menggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya.
Pemanfaatan e-learning tidak terlepas dari jasa internet karena teknik pembelajaran yang tersedia di internet begitu lengkap sehingga memberikan pengaruh terhadap tugas guru dalam proses pembelajaran. Dahulu peran guru mendominasi dalam proses pembelajaran kini, proses belajar mengajar banyak didominasi oleh peran guru dan buku dan masa yang akan datang akan didominasi oleh peran guru, buku dan teknologi.

Kesimpulan:
secara tidak langsung peranan internet yang secara awal mula untuk satu bidang kini sudah digunakan dalam banyak bidang, misalnya pendidikan. Secara garis besar dari dahulu kala peran guru dan buku yang menjadi acuan dalam pembelajaran dalam kelas tapi kini semua telah berubah peran teknologi menjadi dominasi dalam bidang pendidikan, misalnya kini terdapat yang namanya buku digital atau kita mengenalnya dengan nama e-book, secara tidak langsung buku digital ini membantu seorang anak untuk belajar lebih rajin karena mereka tidak perlu membawa buku berat dalam tas tetapi hanya membawa sebuah flasdisk untuk menampung buku digital tersebut dan masih banyak peralatan teknologi yang lainnya. Mungkin disuatu saat nanti seluruh sekolah ataupun universitas akan menggunakan system virtual class sehingga mereka dapat melakukan aktivitas belajar mengajar tanpa tatap muka di dalam kelas, mereka cukup membutuhkan sebuah komputer dengan terhubung koneksi internet.

artikel sumber rangkuman :http://www2.ilmci.com/?p=228

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s