logika dan program pertemuan 2

Coding:

unit DaftarMakanan;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
lblPesanan: TMemo;
btnBubur: TButton;
btnNasiUduk: TButton;
btnNasiGoreng: TButton;
btnEsTeh: TButton;
Memo1: TMemo;
lblTotal: TLabel;
btnTotal: TButton;
Label2: TLabel;
lblHarga: TMemo;
btnReset: TButton;
procedure pilihPesanan(Sender:TObject);

private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}
procedure TForm1.pilihpesanan(Sender: TObject);

var
a,b,c,d:Integer ;

begin
a:=5000;
b:=4000;
c:=7000;
d:=1000;
if TComponent(Sender).Name = ‘btnBubur’ then begin

lblpesanan.Lines.Text:= lblpesanan.Lines.Text+’Bubur’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’ +IntToStr(a);
lblharga.Lines.add(”);
a:=a+5000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiUduk’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Uduk’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(b);
lblharga.Lines.add(”);
b:=b+4000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiGoreng’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Goreng’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(c);
lblharga.Lines.add(”);
c:=c+7000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnEsTeh’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Es teh’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(d);
lblharga.Lines.add(”);
d:=d+1000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnTotal’ then begin
lblTotal.Caption:=’Rp ‘ +IntToStr(a+b+c+d);
end
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnReset’ then begin
lblTotal.Caption:=”;
lblpesanan.Lines.Text :=”;
lblharga.Lines.Text:=”;
end
end;
end.

Logika Program
unit DaftarMakanan;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
[ Pada blok diatas dijelaskan tentang nama form yaitu *Unit DaftarMakanan*. Lalu terdapat juga bagian interface, dan uses list, uses artinya untuk mendaftarkan unit-unit lain yang identifiernya akan digunakan dalam unit bersangkutan. Uses bersifat optional dan jika digunakan harus berada pada bagian awal interface atau bagian awal implementation. Unit yang disebut terakhir memiliki prioritas paling tinggi untuk digunakan]
type
TForm1 = class(TForm)
lblPesanan: TMemo;
btnBubur: TButton;
btnNasiUduk: TButton;
btnNasiGoreng: TButton;
btnEsTeh: TButton;
Memo1: TMemo;
lblTotal: TLabel;
btnTotal: TButton;
Label2: TLabel;
lblHarga: TMemo;
btnReset: TButton;
procedure pilihPesanan(Sender:TObject);

private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
[blok diatas memiliki penjelasan dimana nama dari dari button dan label dan caption dari button dan label dan memo dengan linesnya, lalu semua button ada penjelasan bila di click akan terkirim ke objek. Dan ada tambahan procedure pilihpesanan(sender:Tobjek); maksudnya itu semua itu setiap diklik pada button akan mendeklarasikan ke procedure dan siap untuk di kirim ke objek. Kelas private dan public pun di deklarasikan tetapi belum diisi karena tak terpakai]
var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}
procedure TForm1.pilihpesanan(Sender: TObject);

var
a,b,c,d:Integer ;

begin
a:=5000;
b:=4000;
c:=7000;
d:=1000;
if TComponent(Sender).Name = ‘btnBubur’ then begin

lblpesanan.Lines.Text:= lblpesanan.Lines.Text+’Bubur’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’ +IntToStr(a);
lblharga.Lines.add(”);
a:=a+5000;
end
[ ini adalah dalam blok implementasi, dibawah nya ditulis lagi seperti yang diatas yang procedure yang kita tuliskan pada bagian interface agar dapat digunakan dan masuk ke dalam sistem pengeksekusian. Lalu ada var, dimana var itu berfungsi sebagai penerjemah untuk tipe data integer. Begin sebagai awal dari program, setelah itu ada pendeklarasian dari variabel, a,b,c,d. Dibaris selanjutnya ada percabangan yang menjelaskan untuk mengimplementasikan pada button bubur dan memunculkan harganya bila kita mengklik buttonBubur dan blok untuk bubur dibatasi dengan end].
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiUduk’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Uduk’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(b);
lblharga.Lines.add(”);
b:=b+4000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiGoreng’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Goreng’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(c);
lblharga.Lines.add(”);
c:=c+7000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnEsTeh’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Es teh’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(d);
lblharga.Lines.add(”);
d:=d+1000;
end

[masih dalam bagian implementasi, setiap ada pernyataan if maka diblok selanjutnya untuk variabel selanjutnya maka akan menggunakan else if baru diikuti oleh pernyataan yang sama seperti variabel a, untuk variabel lainnya juga sama dengan a dan b dan diakhir blok statement ingat harus diberi end ].
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnTotal’ then begin
lblTotal.Caption:=’Rp ‘ +IntToStr(a+b+c+d);
end
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnReset’ then begin
lblTotal.Caption:=”;
lblpesanan.Lines.Text :=”;
lblharga.Lines.Text:=”;
end
end;
end.
[disini adalah untuk menghitung berapa biaya yang harus dibayar dalam pemesanan menu diatas dan semuanya akan terkirim di Label total dengan mengganti captionnya menjadi Rp. Xxx, maksud xxx itu adalah biaya yang dibayar lalu tutup blok statement else ifnya maka buat lagi statement untuk label total, pesanan dan harga yang menjadi kosong apabila kita menekan button reset dan ditutuplah kembali blok statement else if dan tutup begin dengan end; dan menutup program dengan end.]
Coding:

unit DaftarMakanan;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
lblPesanan: TMemo;
btnBubur: TButton;
btnNasiUduk: TButton;
btnNasiGoreng: TButton;
btnEsTeh: TButton;
Memo1: TMemo;
lblTotal: TLabel;
btnTotal: TButton;
Label2: TLabel;
lblHarga: TMemo;
btnReset: TButton;
procedure pilihPesanan(Sender:TObject);

private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}
procedure TForm1.pilihpesanan(Sender: TObject);

var
a,b,c,d:Integer ;

begin
a:=5000;
b:=4000;
c:=7000;
d:=1000;
if TComponent(Sender).Name = ‘btnBubur’ then begin

lblpesanan.Lines.Text:= lblpesanan.Lines.Text+’Bubur’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’ +IntToStr(a);
lblharga.Lines.add(”);
a:=a+5000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiUduk’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Uduk’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(b);
lblharga.Lines.add(”);
b:=b+4000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiGoreng’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Goreng’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(c);
lblharga.Lines.add(”);
c:=c+7000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnEsTeh’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Es teh’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(d);
lblharga.Lines.add(”);
d:=d+1000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnTotal’ then begin
lblTotal.Caption:=’Rp ‘ +IntToStr(a+b+c+d);
end
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnReset’ then begin
lblTotal.Caption:=”;
lblpesanan.Lines.Text :=”;
lblharga.Lines.Text:=”;
end
end;
end.

Logika Program
unit DaftarMakanan;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
[ Pada blok diatas dijelaskan tentang nama form yaitu *Unit DaftarMakanan*. Lalu terdapat juga bagian interface, dan uses list, uses artinya untuk mendaftarkan unit-unit lain yang identifiernya akan digunakan dalam unit bersangkutan. Uses bersifat optional dan jika digunakan harus berada pada bagian awal interface atau bagian awal implementation. Unit yang disebut terakhir memiliki prioritas paling tinggi untuk digunakan]
type
TForm1 = class(TForm)
lblPesanan: TMemo;
btnBubur: TButton;
btnNasiUduk: TButton;
btnNasiGoreng: TButton;
btnEsTeh: TButton;
Memo1: TMemo;
lblTotal: TLabel;
btnTotal: TButton;
Label2: TLabel;
lblHarga: TMemo;
btnReset: TButton;
procedure pilihPesanan(Sender:TObject);

private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
[blok diatas memiliki penjelasan dimana nama dari dari button dan label dan caption dari button dan label dan memo dengan linesnya, lalu semua button ada penjelasan bila di click akan terkirim ke objek. Dan ada tambahan procedure pilihpesanan(sender:Tobjek); maksudnya itu semua itu setiap diklik pada button akan mendeklarasikan ke procedure dan siap untuk di kirim ke objek. Kelas private dan public pun di deklarasikan tetapi belum diisi karena tak terpakai]
var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}
procedure TForm1.pilihpesanan(Sender: TObject);

var
a,b,c,d:Integer ;

begin
a:=5000;
b:=4000;
c:=7000;
d:=1000;
if TComponent(Sender).Name = ‘btnBubur’ then begin

lblpesanan.Lines.Text:= lblpesanan.Lines.Text+’Bubur’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’ +IntToStr(a);
lblharga.Lines.add(”);
a:=a+5000;
end
[ ini adalah dalam blok implementasi, dibawah nya ditulis lagi seperti yang diatas yang procedure yang kita tuliskan pada bagian interface agar dapat digunakan dan masuk ke dalam sistem pengeksekusian. Lalu ada var, dimana var itu berfungsi sebagai penerjemah untuk tipe data integer. Begin sebagai awal dari program, setelah itu ada pendeklarasian dari variabel, a,b,c,d. Dibaris selanjutnya ada percabangan yang menjelaskan untuk mengimplementasikan pada button bubur dan memunculkan harganya bila kita mengklik buttonBubur dan blok untuk bubur dibatasi dengan end].
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiUduk’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Uduk’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(b);
lblharga.Lines.add(”);
b:=b+4000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnNasiGoreng’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Nasi Goreng’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(c);
lblharga.Lines.add(”);
c:=c+7000;
end

else if TComponent(Sender).Name = ‘btnEsTeh’ then begin

lblpesanan.Lines.Text := lblpesanan.Lines.Text+’Es teh’;
lblpesanan.Lines.add(”);
lblharga.Lines.Text:=lblharga.Lines.Text+’ Rp’+IntToStr(d);
lblharga.Lines.add(”);
d:=d+1000;
end

[masih dalam bagian implementasi, setiap ada pernyataan if maka diblok selanjutnya untuk variabel selanjutnya maka akan menggunakan else if baru diikuti oleh pernyataan yang sama seperti variabel a, untuk variabel lainnya juga sama dengan a dan b dan diakhir blok statement ingat harus diberi end ].
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnTotal’ then begin
lblTotal.Caption:=’Rp ‘ +IntToStr(a+b+c+d);
end
else if TComponent(Sender).Name = ‘btnReset’ then begin
lblTotal.Caption:=”;
lblpesanan.Lines.Text :=”;
lblharga.Lines.Text:=”;
end
end;
end.
[disini adalah untuk menghitung berapa biaya yang harus dibayar dalam pemesanan menu diatas dan semuanya akan terkirim di Label total dengan mengganti captionnya menjadi Rp. Xxx, maksud xxx itu adalah biaya yang dibayar lalu tutup blok statement else ifnya maka buat lagi statement untuk label total, pesanan dan harga yang menjadi kosong apabila kita menekan button reset dan ditutuplah kembali blok statement else if dan tutup begin dengan end; dan menutup program dengan end.]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s