Pelapisan sosial dan kesamaan derajat

A. Pelapisan sosial
Pelapisan sosial terbentuk karena status ekonomi, karena status ekonomi banyak orang yang membeda-bedakan dirinya dengan orang disekitarnya, pelapisan sosial juga mempengaruhi peran seorang terhadap kehidupan dilingkungan misalnya ketika ada yang mau mencalonkan diri sebagai ketua rt pasti yang terpilih adalah orang yang mempunyai status sosial yang baik dalam masyarakat. Pelapisan sosial ada dapat digambarkan seperti piramida .
B. Pelapisan Sosial ciri tetap kelompok sosial
Seseorang yang mempunyai status sosial yang bagus sudah pasti memiliki kelompok yang siap untuk membentangkan diri dalam kehidupan bermasyarakat, sebai contoh adalah partai politik, menurut saya pribadi partai politik itu adalah tempat para berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki status sosial tinggi sekalipun ada orang yang biasa-biasa saja, tapi orang yang biasa-biasa itu hanya dijadikan sebagai alat untuk kemenangan mereka dalam pemilihan. Sedangkan dalam kehidupan primitif sudah ada dan dijelaskan oleh hukum adat masing-masing suku, misalnya dari jenis kelamin mereka sudah mengatur, lalu antara pemuka adat dengan keluarga biasa dan ada beberapa adat yang juga suka menghina orang yang kastanya lebih rendah.
C. Terjadinya Pelapisan sosial
a. Terjadi sendiri, karena pertumbuhan masyarakat itu sendiri
b. Terjadi dengan sengaja, karena adanya visi untuk mengejar sebuah kesuksesan
D. Pembedaan sistem pelapisanmenurut sifatnya
1. Sistem pelapisan masyarakat tertutup
Pelapisan dalam masyarakat ini hanya ditentukan oleh kelahiran orang tersebut, misal di india adanya sistem kasta dan afrika selatan ada politik apharteid
2. Sistem pelapisan masyarakat terbuka
Dimana masyarakat punya kesempatan untuk masuk naik ataupun turun dalam status masyarakat.
E. Teori pelapisan kelas masyarakat
Ada kelas atas, kelas menengah dan terakhir kelas bawah
Ukuran-ukuran yang dinilai adalah kekayaan, kekuasaan, kehormatan dan ilmu pengetahuan.
Kesamaan derajat
Ada persamaan hak dan kewajiban, setiap orang punya hak dan kewajiban, kita disini wajib untuk menghormati hak orang lain dan orang lain menghormati hak kita, orang sebelum menuntut hak arus melaksanakan kewajibannya dulu karena ada pepatah berakit-rakit berenang kita ketepian.
Persamaan derajat di indonesia, semua hak dan kewajiban rakyat indonesia telah di atur dalam UUD 1945 dan pancasila. Semua sudah teratur jelas untuk lebih lanjut dapat kita baca dalam buku UUD 1945.

Elite dan massa
Berbicara tentang elite kita pasti akan membahas tentang kepemimpinan, pemimpin mempunyai fungsi sebagai alat yang menentun masa depan bangsa dan masa depan masyarakat. Massa atau masyarakat itu adalah kalangan yang diatur oleh pemimpin, semua saling berhubungan untuk masa depan bangsa di kemudian hari.

Pembagian pendapatan
Semua yang berkaitan dengan pendapatan pasti berhubungan dengan pembagian hasil, pemasaran hasil dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan, dalam proses pelapisan sosial ini adalah hal utama mengapa ada masyarakat golongan bawah dan atas, ekonomi sebagi penunjang utamanya, kalau membahas tentang ekonomi pasti itu melenceng dari materi diatas saya akan menjelaskan dari segi lain saja, pembagian hasil dari suatu instansi atau perusahaan akan menjadi modal untuk berkembangnya suatu kehidupan yang aman, damai dan sejahtera. Pembagian hasil yang baik akan menimbulkan hal yang baik pula untuk kehidupan bernegara dan berbangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s