polusi udara

POLUSI UDARA

A
pakah kalian tahu udara yang bersih itu seperti apa? Udara dikatakan bersih apabila memiliki kandungan 70% gas Nitrogen, 20% gas Oksigen, dan 10% gas-gas lain. Udara bersih adalah udara yang belum tercemar sama sekali oleh asap hasil pembakaran. Adanya udara karena adanya lapisan atmosfer yang meliputi bumi. Manusia tidak akan dapat hidup dibumi tanpa atmosfer.atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri dari lebih kurang 20 macam gas, diantaranya gas Nitrogen, gas oksigen, dan gas-gas lain yang jumlahnya sangat sedikit, satu diantaranya adalah karbon dioksida yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.
Hutan sebagai paru-paru dunia memiliki peran yang sangat penting bagi manusia.karena dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang dibutuhkan setiap mahluk hidup untuk bernapas, tetapi apabila jumlah karbon dioksida, karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, partikulah, sulfur oksida lebih banyak dari pada oksigen dapat dikatakan udara tersebut adalah udara yang kotor. Beberapa cara menghitung/memeriksa pengaruh pencemaran udara terhadap kesehatan adalah antara lain dengan mencatat: jumlah absensi pekerjaan/dinas, jumlah sertifikat/surat keterangan dokter, jumlah perawatan dalam rumah sakit, jumlah morbiditas pada anak-anak, jumlah morbiditas pada orang-orang usia lanjut, jumlah morbiditas para pekerja yang berisiko mendapat pencemaran udara, penyelidikan pada penderita dengan penyakit tertentu misalnya penyakit jantung, paru dan sebagainya.
Semua hasil pembakaran termasuk udara kotor, reaksi pembakaran terjadi antara zat tertentu dan oksigen. Biasanya, reaksi pembakaran ini selalu disertai dengan pelepasan kalor dan energi yang lain. Miasalnya gas metana(CH4) dibakar dengan oksigen sehingga menghasilkan gas karbon dioksida, uap air dan juga melepas kalor dan energy cahaya.Pernapasan pada mahluk hidup adalah contoh dari reaksi pembakaran lambat.proses pernapasan memerlukan oksigen dan menghasilkan energi, uap air dan karbon dioksida. Kalian bisa bayangkan kalau gas yang kita hirup itu adalah gas karbon dioksida, tentunya kita bisa keracunan. itu karena udara di sekitar sudah tercemar yang disebabkan oleh beberapa faktor, terutama faktor lingkungan dan asap pembakaran.
Udara kotor adalah udara yang telah mengandung banyak gas – gas yang tidak dibutuhkan untuk tubuh, contohnya timbal, karbon dioksida, karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, partikulah, sulfur oksida dll. Pabrik-pabrik pengolah bahan bakar,kendaraan bermesin,asap rokok, fogging(pengasapan), kebakaran hutan, pembakaran sampah, semua hal itu berakibat buruk untuk kesehatan kita.
Pertengahan bulan februari lalu kami melakukan survei di daerah pejuang jaya, bekasi utara.kami meninjau dari segi tokoh masyarakat sekitar pabrik. Menurut hasil survei yang kami dapatkan mengenai pencemaran udara di daerah tersebut, masyarakat di pejuang jaya merasa terganggu dengan keberadaan pabrik minyak.faktor utama yang membuat masyarakat terganggu adalah bau limbah, dengan persentase 75% selebihnya 25% lainnya adalah faktor lain. Masyarakat disana sangat marah karena warga disana tidak di utamakan untuk bekerja di pabrik tersebut persentasenya hanya 25% sedangkan sisanya dari luar pabrik. masyarakat disana juga tidak pernah diberikan bantuan oleh pabrik untuk urusan kesehatan masyarakat. Selai itu pabrik tersebut tidak pernah membantu masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Pencemaran udara disana tidak hanya disumbangkan oleh pabrik – pabrik, kendaraan bermotor juga sebagai donatur nitrogen dioksida yang setiap tahun,jumlahnya mencapai berpuluh – puluh ton debu . wajar jika udara di kota bekasi khususnya di daerah pejuang jaya sangat kotor dan semua itu dapat merusak kesehatan kita dan apabila ini terus terjadi dalam jangka panjang dikhawatirkan dapat merusak IQ anak – anak .
Pabrik tersebut dapat membuang limbahnya 1 sampai 2 minggu sekali dalam waktu 15 sampai 20 menit. Bau yang tidak sedap yang ditibulkan dari limbah pabrik saat pengolahan minyak pun tidak sampai mengganggu pernapasan warga sekitar pabrik. Warga sekitar tidak pernah menggunakan masker ataupun sejenisnya untuk menghindari asap ataupun bau limbah pabrik. Menurut bapak Murshidi ketua Rt 04 , pejuang jaya sejak berdirinya pabrik tersebut tidak pernah di jelaskan tentang manfaat dari didirikan pabrik dan kerugiannya untuk masyarakat padahal hal ini adalah hal yang sangat penting sekali untuk mendirikan suatu usaha.bapak ketua rt 04 juga mengatakan, pada setiap hari sabtu dari mulai RT,RW sampai kelurahan turut ikut menata lingkungan .beliau juga menambahkan jika tidak di adakan hal tersebut, pencemaran limbah akan semakin bertambah dan mampu merusak lingkungan dalam sekejap . masyarakat disana tidak pernah menolak untuk merapikan lingkungan meskipun ada yang tidak bisa membantu, mereka juga membantu dengan menyediakan konsumsi.
Kesimpulannya adalah pabrik minyak di daerah pejuang jaya tidak pernah peduli kepada masyarakat sekitar maupun lingkngan. Polusi udara dapat di timbulkan dari beberapa hal diantaranya asap pabrik, asap kendaraan ,kebakaran hutan, pembakaran sampah ,dan lain – lain. Masyarakat disana sangat rajin untuk menata lingkungannya tapi mereka tidak pernah menggunakan masker ataupun sejenisnya untuk beraktifitas di lingkungan padahal di tempat mereka tinggal banyak sekali asap yang di timbulkan dari pabrik itu. Beberapa langkah cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi polusi udara adalah :
1. melakukan uji emisi,tapi uji emisi yang dilakukan masih terdapat ketidak jujuran petugas dan para pemilik kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Padahal hal ini dilakukan untuk kebaikan mereka sendiri.
2. Penghijauan juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi dampak pencemaran udara. Ruang terbuka yang hijau sangat di butuhkan untuk menyerap gas – gas buangan dari kendaraan bermesin maupun asap dari pabrik.karena kuranganya lahan untuk melakukan penghijaun membuat semakin lama gas oksigen yang di perlukan tubuh kita akan berkurang dan hanya tinggal menunggu waktu untuk habis.

CO2 dari hasil pembakaran>dari O2
Yang dihasilkan pohon

~terjadi pertukaran CO2 dengan O2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s